lumba jalan2

Selasa, 30 Oktober 2012

TIPS MENGURANGI CIDERA ATAU PEGAL SETELAH BEROLAHRAGA

Kawan-kawan FUTSALOVERS merasa pegal-pegal setelah olahraga..? Yup, ini yang biasanya terjadi untuk kita jika kita pertama kali berolahraga. Mengapa ini bisa terjadi. Biasanya terjadi karena tubuh kita kaget, karena belum terbiasa untuk bekerja ekstra (olahraga). Rasa sakit atau ketidaknyamanan yang timbul merupakan masa adaptasi untuk membuat otot menjadi lebih kuat dan mampu melakukan tugas berikutnya. Karena itu seseorang sebaiknya tidak patah semangat atau justru berhenti berolahraga. lalu Bagaimana cara agar menurangi dampak dari rasa pegal tersebut. Ayo disimak ^_^Menurut Profesor Rick Sharp ahli fisiologi olahragawan dari Iowa State University di Ames, Ketika seseorang berolahraga pertama kali maka otot akan mengalami sedikit stres fisik. Rasa sakit atau nyeri ini merupakan hal yang alami dari segala macam aktivitas fisik dan yang paling lazim terjadi pada tahap awal seseorang memulai sebuah program.
Hal pertama yang harus kita tahu untuk menggurangi sakit/pegal ini adalah melakukan streatching atau pemanasan terlebih dahulu. Lakukan olahraga ringa dahulu, semisal lari santai, angkat beban dengan beban yang ringan dulu. Setelah berolahraga barulah lakukan beberapa hal berikut :


 1. Mengompres bagian badan yang pegal dengan es
 
2.Istirahat yang cukup 


3.Pakai Obat anti peradangan (semisal counterpain)


4.Perawatan dengan dipijat


5.Melakukan peregangan sebelum istirahat
 
 
Oke sekian dulu tips trik hari ini. Semoga bermanfaat buat kawan-kawan. Dan Jangan Lupa, JANGAN TAKUT CIDERA SETELAH BEROLAHRAGA. Jangan kapok olahraga karena pegal pegal hehehe…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar