lumba jalan2

Selasa, 04 Desember 2012

Tip Seputar Permainan Bertahan di Futsal

Berita Bola. Pelatih timnas futsal, Robby Hartono, berbagi ilmu agar para pefutsal bisa meningkatkan kemampuan permainan yang kami terbitkan secara berseri. Dibagian pertama yang akan diulas adalah tip seputar permainan bertahan. Berikut penjelasannya:

1. Man to Man Marking

Tim akan diinstruksikan langsung menekan di daerah lawan saat tidak memegang bola. Dua pemain terdepan langsung masuk kedaerah lawan tapi tidak berdiri sejajar.

Pemain yang lebih dekat (pemain A) dengan lawan yang memegang bola berdiri lebih kedepan. Biasanya pemain lawan tersebut akan lebih dekat dengan gawang lawan.

Sementara itu, pemain yang satu lagi (pemain B) tetap menjaga pemain yang berada di daerah lawan. Untuk dua pemain yang berada di daerah sendiri (pemain C dan D) langsung mendekat kedua pemain lawan yang sudah berada di daerah permaian kita.

Keuntungannya adalah jika pemain A bisa dilewati lawan yang memegang bola, masih ada pemain B yang bisa menutup ruang gerak. Hal tersebut mencegah terjadinya posisi 3-2 dimana lawan yang lebih banyak didaerah pertahanan kita. Selain itu, juga membuat lawan tidak berkembang. Jika berhasil merebut bola maka kita langsung bisa menekan dan berhadapan dengan kiper lawan.


2. Zona Marking

Tim akan diinstruksikan menunggu di daerah sendiri saat tidak memegang bola. Sama seperti man to man marking, hanya pemain harus lebih rapat menjaga lawan.

Tujuannya agar pemain lawan tidak bisa balik badan dan melakukan manuver untuk bisa memulai suatu penyerangan yang bisa membahayakan gawang kita.

Perlu diperhatikan pula panjang lapangan. Hal tersebut dilakukan untuk melihat posisi dimana empat pemain akan berdiri. Di Indonesia, lapangan futsal memiliki ukuran yang berbeda, tapi masih dalam batas toleransi yang diberikan. Untuk Internasional adalah 40m x 20m.

Keuntungannya adalah pertahanan kita akan lebih aman dengan 4 orang yang berada di daerah kita. Organisasi pertahanan lebih rapi dan kuat. Pemain juga bisa saling menutup celah yang bisa dimanfaatkan lawan.

Hal penting yang harus diperhatikan para pemain saat mempraktikan strategi permainan bertahan:
  • Pemain bertahan wajib memiliki pengetahuan yang beik melewati lawan. Hal itu digunakan untuk menganalisis dan berguna dalam mengantisipasi pergerakan lawan. Jika berhasil berebut akan bisa langsung menyerang dengan baik pula.
  • Perhatikan posisi badan, kuda-kuda kaki, angle badan, serta sudut pandang saat bertahan. Bagi pemain kita yang tidak memegang bola, lebih baik berada diantara lawan dengan gawang kita.

1 komentar: