lumba jalan2

Selasa, 04 Desember 2012

Tutorial Futsal: Tips Mengasah Kelenturan Tubuh Penjaga Gawang

Tutorial Futsal: Tips Mengasah Kelenturan Penjaga Gawang. Perputaran permainan futsal amat cepat. Ini memaksa seorang penjaga gawang harus cekatan mengatisipasi serangan lawan yang datang setiap saat. Untuk bisa tampil maksimal, seorang kiper sudah barang tentu harus memiliki kelenturan tubuh yang baik, terutama saat melakukan aksi penyelamatan atas serangan lawan dari berbagai arah. 

Pada Tutorial Futsal edisi kali ini, seorang mantan pelatih kiper timnas Marah Putih, Abu Bakar secara mendetail akan memaparkan pola latihan kelenturan buat para penjaga gawang. SImak baik-baik bagaimana detailnya:

1. Sambil duduk penjaga gawang mengambil posisi melebarkan kedua kakinya. Posisi badan usahakan membujur, sementara kedua tangannya memegang bola. Lakukan gerakan ini beberapa menit sesuai kebutuhan.

2. Masih dalam posisi yang sama, hanya kali ini penjaga gawang melakukan gerakan berbeda dengan menggerakkan badan ke kiri maupun ke kanan secara bergantian. Gerakan bermanfaat untuk kelenturan otot pinggul, perut, bahu dan paha.

3. Sambil duduk posisikan kaki lurus kedepan lalu tubuhu digerakkan kedepan diikuti kedua tangan menangkap bola yang dilemparkan rekannya. Gerakkan ini dapat membuat otot-otot bahu, perut, pinggul semakin lentur dan kuat.

4. Sambil duduk dan kedua kaki ditekuk keatas lalu direnggangkan secara perlahan. Disaat bersamaan pinggul bergerak naik turun lalu kedua tangan ke depan menggapai bola yang dipegang rekannya. Posisi ini seperti melakukan sit-up berguna menguatkan otot perut.

5. Kiper tetap dalam posis duduk, lalu kedua kaki ditekuk ke atas dengan posisi rapat. Selanjutnya diikuti dengan posisi badan naik turun ke kiri dan ke kanan. Di sisi lain, kedua tangan mengikuti gerakan badan dengan menangkap bola yang dilempar ke kiri dan ke kanan. Gerakan ini dapat melenturkan otot pinggul, perut, bahu, dan tangan dalam menangkap bola.

Perhatikan gambar dibawah ini:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar